SINGARAJA- -AMAZING TOWN

SINGARAJA IS A GREAT TOWN--ILOVE SINGARAJA

OM SWASTIASTU - - - SELAMAT DATANG
16 Agustus 2009

TEMPAT ASYIK di SINGARAJA

Sebagai anak SMANSA, kita disibukkan oleh berbagai macam tugas yang memberatkan pikiran dan batin kita, sampai-sampai, makan lupa sakit pun jadi. Banyak kejadian anak STRESS akibat memporsir dirinya untuk melakukan berbagai aktifitas secara berlebihan, nah bagaimana menanganinya? Salah satunya dengan refreshing.

“Refreshing??GA MUNGKIN, DI SINI MANA ADA TEMPAT REFRESHING…”

Wah siapa bilang ga ada, btw nih,,,di Bali Utara, ternyata banyak banget lho ada tempat yang asik buat dikunjungi, mau tahu apa aja?

Ayo kita telusuri daerah-daerahnya….


~ Pantai LOVINA

Pantai nan elok dengan hamparan pasir hitam yang berkilauan yang terkenal dengan satwa Lumba-lumbanya yang kerap kali menari-nari di pagi hari dipermukaan laut, dan karang laut dengan ikan-ikan tropisnya.

Karena sifat lautnya yang tenang, Lovina ini sangat cocok untuk rekreasi air seperti menyelam, snorkling, berenang, memancing, berlayar, mendayung dan sekedar berendam di air laut.

Disamping daya tarik tersebut di atas, dapat dicatat disini adanya ikan lumba-lumba dalam habitat aslinya. Ikan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan
ini dapat dilihat di pagi hari, kurang lebih satu kilometer lepas pantai.

Ikan lumba-lumba yang menyelam, melompat di atas permukaan air dengan pemandangan untaian gunung di sebelah selatannya, l
angit kemerah-merahan pertanda terbitnya matahari, merupakan suatu pemandangan yang memberi daya tarik yang sangat memikat.

~ Sidetapa

Sidetapa merupakan salah satu desa tua di Bali Utara Bagian Tengah, tepatnya berlokasi 20 km sebelah barat Kota Singaraja. Yang menarik dilihat adalah bentuk rumah yang berpola persegi panjang terbagi tiga bagian : jeroan, jaba tengah, dan bencingah. Hal menarik lainnya semua tempat suci ada dalam rumah (tidak seperti umumnya orang Bali , yang menempatkan posisi tempat suci tidak di dalam rumah tetapi di luar rumah). Desa Sidetapa ini dekat dengan objek wisata lainnya seperti Banjar Hot spring(air panas Banjar) dan juga buda vihara, dan juga tentunya pantai Lovina yang terkenal akan lumba-lumba itu.

~ Air Panas Banjar

Terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ± 5 km sebelah barat dari Lovina dan ± 1 km sebelah barat Wihara Budha. Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring sudah tidak asing lagi bagi para praktisi pariwisata. Berbagai tamu dari mancanegara telah mengunjungi wisata alam ini. Air panas yang muncul dari perbukitan setempat dibuat bertingkat, ditingkat pertama terdiri dari beberapa pancoran dimana wisatawan dapta mandi air panas. Kolam kecil juga tersedia pada tingkatan ini. Pada tingkatan kedua kolam dibuat lebih besar.

~ Air Terjun Singsing

Pada waktu musim panas, volume air terjun relatif menurun. Jalan menuju air terjun yang sedikit mendaki merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk kegiatan trekking. Letaknya yang tidak jauh dari kawasan Lovina, bahkan dapat dicapai dengan jalan kaki dari Lovina, menjadikan obyek ini banyak dikunjungi wisatawan yang umumnya mereka yang tinggal di kawasan Wisata Lovina.

Bagi yang t
ertarik pada sejarah,tidak jauh dari air terjun Singsing ini, terdapat monumen Belanda. Monumen ini dibangun oleh Pemerintah Kolonial Belanda untuk memperingati gugurnya seorang Perwira tentara Belanda didalam perang Banjar pada tahun 1868. Sekitar tahun 1956 monumen ini dihancurkan karena dianggap menghormati penjajah.

Akan tetapi pada tahun 1992 monumen ini dibangun kembali oleh Pemda Kabupaten Dati II Buleleng dengan maksud bahwa sejarah tidak bisa dihapus, disamping monumen itu juga melambangkan kepahlawanan rakyat Banjar yang mampu m
enewaskan perwira tentara Belanda.

Air Terjun Singsing terletak di Banjar Labuhan Haji Desa Temukus Kecamatan Banjar, 3 km dari Lovina dan 13 km dari Singaraja. Untuk menuju obyek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan bermotor sampai ke jurusan desa Tigawarsa.

Sebuah tanda penunjuk arah menunjukkan ja
lan yang harus diikuti dengan berjalan kaki (sepanjang lebih kurang 600 meter) untuk sampai kepada air terjun yang pertama. Untuk mencapai air terjun kedua yang letaknya lebih tinggi harus melalui jalan yang terjal. Fasilitas parkir dibangun dan diusahakan oleh banjar setempat, dan warung disekitar kawasan inipun telah tersedia.

~ Danau Buyan & Tamblingan

Danau Buyan dan Danau Tamblingan seolah danau kembar yang memiliki daya tarik yang sangat mempesona. Keaslian alam di kedua danau ini masih sangat dirasakan, misalnya dengan tidak adanya penggunaan perahu bermotor di kedua danau ini.

Masyarakat setempat menggunakan perahu-perahu kecil yang disebut pedahu untuk memancing. Dengan udara yang sejuk dikelilin
gi pegunungan yang serba hijau, suasana udara yang segar memberikan suasana yang tenang dan nyaman.

Danau ini sangat ideal untuk yang suka rekreasi air seperti mendayung dan memancing. Bagi mereka yang menyenangi alam dan rek
reasi, kedua danau inilah tempatnya.

Adanya kera-kera ya
ng tidak jauh dari kedua danau ini, yaitu di jalan raya sebelah danau Buyan jurusan Denpasar-Singaraja, menambah daya tarik kawasan ini sebagai obyek wisata. Danau Buyan dan Danau Tamblingan berlokasi di Kecamatan Sukasada, 21 km sebelah Selatan Kota Singaraja, terletak di pinggir jalan Denpasar-Singaraja. .

~ Gedong Kirtya

Bagi penggemar berat ilmu sejarah, dapat menghabiskan waktunya di Gedong Kirtya ini. Banyak sekali lontar-lontar dan karya sastra kuno yang tersimpan di dalamnya. Disimpan di dalam kotak berlabel timah kecil dan merupakan sejenis arsip yang menyimpan sastra, mitologi, rumus sihir, ilmu kedokteran, cerita rakyat, agama, dan sejarah Bali dan Lombok.
Selain itu, Gedong Kirtya juga menyimpan barang sejarah lainnya seperti prasasti, dan banyak lagi.

~ Air Terjun Gitgit

Air terjun yang tentunya sudah taka sing lagi bagi kita… Tempat ini sangat diidamidamkan para wisatawan.Tempatnya yang sejuk tenang dan menyegarkan sangat cocok untuk suasana refreshing.

~ Pemuteran

Empat km di sebelah barat Pulaki, 15 kilometer sebelah timur dari Labuhan Lalang, 28 kilometer sebelah timur Gilimanuk, dan sekitar 40 km barat Lovina, ini adalah salah satu yang paling idilis resort di seluruh Bali. Dengan pasir hitamnya yang indah , pemandangan pantai mengarah ke beberapa pulau terbaik sebagai tempat snorkeling, dengan drop-offs yang hanya satu kilometer dari lepas pantai.

~ Taman Kota

Nah kita lihat di tengah kota terdapat Taman kota yang sangat sering dikunjungi oleh banyak warga Singaraja. Taman kota yang bersih indah, dengan air mancurnya yang memberikan sensasi kesegaran membuat kita betah di sana. Taman kota ini pun menjadi pilihan bagi pemuda-pemudi yang sangat suka jogging.

~ Pelabuhan

Selain sebagai tempat bersejarah, ternyata pelabuhan juga banyak dikunjungi pengunjung sebagai tempat wisata yang menarik. Juga terdapat kelenteng di sebelah selatannya.

~ Pantai Penimbangan

Pantai ini sangat digemari oleh kawanan anak muda di Singaraja. Di sana kita bisa menikmati pemandangan yang indah sambil menikmati hidangan jagung bakar – juga makanan-makanan lain yang pastinya membawa suasana nyaman bagi kita. Namun pada saat malam minggu, tempat ini sangat padat oleh kawanan anak muda, sehingga akan bising dan mungkin lebih baik bila ingin refreshing tidak mengambil saat hari itu.

Selain Pantai Penimbangan sebenarnya masih banyak pantai lain seperti pantai Happy, pantai Kerobokan, juga yang lain.

Sekian sebagian dari tempat refreshing yang ada di Bali Utara, masih banyak lagi tempat lain yang asik buat dikunjungi, jadi jangan bilang Singaraja ga punya tempat wisata yang asik ya…

1 komentar:

ganool mengatakan...

pengennya ke bali,,..
naek motor 3 jam pasti udah nyampe,,

http://ganool.blogspot.com

Posting Komentar